KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!

Get In Touch

Anggota KPU Yakin MK Akan Putuskan PHPU Pilpres Sesuai Kerangka Hukum

KonotasiNews, Anggota KPU Yakin MK Akan Putuskan PHPU Pilpres Sesuai Kerangka Hukum

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik, menyatakan keyakinannya bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk sengketa pilpres sesuai dengan kerangka hukum yang ada.

Menurut Idham, MK akan mengikuti Pasal 473 ayat (3) UU No. 7 Tahun 2017 dalam memutuskan kedua permohonan PHPU pilpres tersebut. Dia yakin bahwa penyelenggaraan pilpres telah sesuai dengan peraturan yang diatur oleh UU Pemilu.

Idham menjelaskan bahwa tambahan alat bukti yang diserahkan bertujuan untuk membuktikan bahwa apa yang dimohonkan oleh para pemohon tidak sesuai dengan fakta proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil perolehan suara peserta pilpres.

Dalam rangka memperkuat permohonannya, KPU menegaskan agar Majelis Hakim MK dapat menolak permohonan para pemohon berdasarkan fakta yang ada.

Pasal 473 dalam UU No. 7 Tahun 2017 mengatur mengenai perselisihan hasil pemilihan umum, termasuk perselisihan penetapan perolehan suara hasil pemilu presiden dan wakil presiden secara nasional.

Saat ini, MK tengah melakukan persiapan untuk sidang sengketa pemilihan umum anggota legislatif (pileg) yang dijadwalkan digelar setelah putusan hasil sengketa pilpres pada tanggal 22 April mendatang.

Proses pemeriksaan saksi dan ahli dalam sidang PHPU pilpres telah selesai, dan selanjutnya para pihak akan menyampaikan kesimpulan sebelum putusan dibacakan. Setelah itu, delapan hakim konstitusi akan menggelar rapat permusyaratawan hakim (RPH) untuk memutus perkara pilpres tersebut.

Kubu paslon 02 Prabowo-Gibran menjadi pihak terkait dalam sengketa Pilpres 2024, dan seluruh proses sidang PHPU telah dilakukan oleh MK sejak Maret hingga April 2024.

img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *