KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu

Get In Touch

Kunjungan Presiden Jokowi ke Vietnam Strategis untuk Capai Visi High-Income Country 2045

KonotasiNews, Kunjungan Presiden Jokowi ke Vietnam Strategis untuk Capai Visi High-Income Country 2045

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggambarkan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Vietnam sebagai langkah yang sangat strategis, terutama dalam mencapai visi kedua negara sebagai high-income country pada tahun 2045. Selain menjadi sesama anggota ASEAN, Vietnam diakui sebagai mitra perdagangan dan tujuan investasi yang penting bagi Indonesia.

Menlu Retno menyampaikan bahwa lebih dari 32 perusahaan Indonesia beroperasi di Vietnam, dan Vietnam juga merupakan mitra pengembangan kerja sama teknologi yang sangat vital. Selama kunjungan tersebut, Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Vo Van Thuong, dan keduanya sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama perdagangan, yang bahkan telah mencapai target tahun 2023 pada tahun 2022.

Dalam bidang industri berdaya saing, Jokowi menyambut baik komitmen investasi perusahaan otomotif Vietnam, VinFast, untuk mendukung pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Keduanya juga berkomitmen untuk membangun ekosistem ekonomi digital, termasuk mendukung keberadaan perusahaan unicorn Indonesia di Vietnam.

Di sektor ketahanan pangan, keduanya sepakat bahwa penguatan rantai pasok adalah kunci untuk mencegah krisis pangan. Kerja sama ini mencakup peningkatan suplai bahan pokok dan ekspor produk ikan Indonesia ke Vietnam.

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Vietnam selama keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu, dan keduanya setuju untuk mendukung keketuaan Laos tahun ini. Kesepakatan ini diambil dalam konteks menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN, serta berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran di kawasan tersebut.

Hasil kunjungan ini mencakup pertukaran dua nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di bidang perikanan dan teknologi informasi. Sebagai penutup, kedua pemimpin menyaksikan pertunjukan pencak silat Indonesia oleh personel Kementerian Pertahanan Vietnam, yang menunjukkan perkembangan olahraga tradisional Indonesia di negara tersebut.

Kunjungan ini menjadi langkah positif dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Vietnam di berbagai sektor, dari ekonomi hingga budaya

img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *