KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!

Get In Touch

Waspada! Bencana Banjir Tetap Berpotensi di Penghujung Musim Hujan

KonotasiNews, Waspada! Bencana Banjir Tetap Berpotensi di Penghujung Musim Hujan

KonotasiNews - Pakar hidrologi dan sumber daya air dari Unsoed, Yanto, Ph.D., menekankan pentingnya penataan ruang berbasis mitigasi bencana dalam mengurangi risiko bencana banjir. Penyebab meningkatnya intensitas hujan akhir-akhir ini harus diwaspadai karena dapat memicu banjir bandang.

Selain penataan ruang, upaya mitigasi banjir lainnya yang dapat dilakukan adalah pemulihan lahan kritis dan pembangunan infrastruktur air seperti waduk, bendungan, bendung, situ, dan embung. Pengelolaan infrastruktur air dan jaringan drainase juga dapat membantu. Upaya pengurangan risiko bencana meliputi pengembangan sistem peringatan dini banjir, peningkatan kualitas sistem informasi cuaca dan bencana, serta pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan, pelatihan, dan infrastruktur evakuasi bencana.

Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan pemangku kepentingan, terutama pemerintah daerah, untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi. Meskipun di penghujung musim hujan, harus tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Bencana banjir pada Februari 2023 harus menjadi peringatan bagi pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Pemerintah daerah rentan terhadap bencana hidrometeorologi perlu melakukan mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan.

img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *