KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu

Get In Touch

Grup Salim dan Bakrie bergabung: Nilai transaksi mencapai Rp 24 triliun

KonotasiNews, Grup Salim dan Bakrie bergabung: Nilai transaksi mencapai Rp 24 triliun

KonotasiNews.com - Konglomerat Anthoni Salim terus memperluas jangkauan bisnisnya di berbagai sektor. Baru-baru ini, ia memasuki sektor infrastruktur dengan akuisisi jalan tol layang MBZ, kemudian ikut memasuki teknologi dengan data center, dan sekarang ia memasuki bisnis batubara yang sedang populer. Ia sudah memiliki ratusan perusahaan yang hampir mengelola semua sektor usaha. Tentu saja, kemungkinan sektor batubara bukanlah akhir dari ekspansi bisnisnya, karena masih banyak daftar belanjaan Keluarga Salim. Dua kata kunci yang melekat dengan Anthoni Salim adalah inovasi dan ekspansi.

Anthoni Salim telah menjadi pemegang saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) bersama Grup Bakrie setelah disetujui rencana private placement BUMI oleh 96% pemegang saham. Hal ini juga tercermin dari para pihak yang menebus private placement tersebut.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Kamis (20/10/2022), terdapat 200 miliar saham baru yang diterbitkan dalam private placement dengan harga pelaksanaan Rp 120 per saham, sehingga nilai transaksi mencapai Rp 24 triliun. Mach Energy Limited (MEL) menebus 170 miliar saham private placement atau setara Rp 20,4 triliun, sementara Treasure Global Investment Limited menebus 30 miliar saham atau setara Rp 3,6 triliun.

MEL adalah perusahaan yang 42,5% sahamnya masing-masing dimiliki oleh Bakrie Capital Indonesia dan Mach Energy Singapore Pte. Ltd. (MPEL), sedangkan 15% kepemilikan sisanya menjadi porsi milik Clover Wide Limited. Sebagai catatan, MPEL adalah perusahaan di bawah Grup Salim yang dikendalikan secara penuh oleh Anthoni Salim.

Jadi, dapat terlihat berapa harga yang dibayarkan oleh Anthoni Salim untuk memiliki saham BUMI. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Grup Bakrie dan Grup Salim masing-masing menguasai 42,5% saham MEL, sehingga porsi kepemilikan mereka seimbang, 50:50. Jika penebusan private placement dianggap pro-rata sesuai porsi kepemilikan masing-masing, maka Grup Salim menebus 85 miliar saham atau setara Rp 10,2 triliun, sementara 85 miliar saham sisanya ditebus oleh Grup Bakrie melalui Bakrie Capital dengan nilai yang sama, Rp 10,

img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *