KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu

Get In Touch

Bareskrim Polri Ungkap Potensi Dana Politik dari Jaringan Narkoba di Pemilu 2024

KonotasiNews, Bareskrim Polri Ungkap Potensi Dana Politik dari Jaringan Narkoba di Pemilu 2024

KonotasiNews - Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) yang digelar di Bali pada hari Rabu, 24/05/2023. Rakernis tahun ini membahas isu yang menarik perhatian publik yaitu upaya antisipasi terhadap penggunaan dana politik yang diduga berasal dari jaringan narkoba dalam Pemilu 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Direktur (Wadir) Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Pol. Jayadi, mengungkapkan potensi adanya penyalahgunaan dana politik yang berasal dari jaringan narkoba. Menurutnya, dugaan ini menunjukkan bahwa calon tertentu mungkin akan memanfaatkan sumber daya ilegal tersebut untuk kepentingan kontestasi politik pada Pemilu mendatang.

Berkolaborasi dengan Direktorat Tindak Pidana Narkoba, Brigjen Pol. Mukti Juharsa, Direktur Bareskrim Polri, menyatakan bahwa pihaknya telah menemukan indikasi adanya aliran dana politik yang terkait dengan jaringan narkoba. Langkah-langkah preventif telah diambil untuk menghadapi situasi ini.

"Hal ini kami bahas dalam Rakernis DitTipid Narkoba Bareskrim Polri agar para Dir Resnarkoba jajaran mengantisipas," ungkap Mukti.

Polri saat ini tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait indikasi tersebut. Apabila terbukti, Polri akan bekerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam mengungkap kasus ini.

"Jika kami sudah temukan pasti kami gandeng PPATK," jelasnya.

Selain itu, Mukti menegaskan bahwa pihaknya tak akan ragu untuk melakukan penegakan hukum apabila terbukti adanya keterlibatan jaringan narkoba dalam politik.

"Kami akan melakukan penegakan hukum jika hal ini terjadi," tegas Mukti.

Wadir Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Pol Jayadi, mengungkapkan bahwa dugaan adanya dana politik dari jaringan narkoba didasarkan pada hasil penangkapan anggota legislatif di beberapa daerah yang dilakukan oleh jajaran Ditresnarkoba.

"Diduga akan terjadi penggunaan dana dari peredaran gelap narkotika untuk kontestasi elektoral 2024," ucap Jayadi.

Jayadi menambahkan bahwa perhatian terhadap indikasi ini menjadi fokus utama dalam Rakernis 2023. Melalui forum ini, Bareskrim Polri memberikan peringatan serius kepada seluruh jajaran untuk meningkatkan langkah-langkah antisipasi.

"Makanya dengan adanya Rakernis 2023,  Bareskrim memberikan 'warning' ke jajaran untuk melakukan antisipasi," pungkas Jayadi.

Dengan langkah-langkah yang diambil Polri, harapannya adalah terciptanya proses pemilihan yang bersih dan jujur serta terhindar dari pengaruh jaringan narkoba yang merusak.

img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *