KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!

Get In Touch

WHO Cabut Status Darurat Covid-19, Akhir Pandemi yang Menewaskan Jutaan Orang

KonotasiNews, WHO Cabut Status Darurat Covid-19, Akhir Pandemi yang Menewaskan Jutaan Orang

KonotasiNews - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut status darurat kesehatan global Covid-19 pada Jumat (5/5/2023), menandai akhir dari pandemi yang telah menewaskan lebih dari 6,9 juta orang dan menghancurkan komunitas serta ekonomi global.

"Kemarin, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya agar saya menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya telah menerima saran itu. Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pernyataan WHO ini menunjukkan kemajuan signifikan yang telah dicapai dunia dalam mengatasi pandemi, meskipun Covid-19 masih akan terus ada meskipun status darurat telah dicabut.

Komite Darurat WHO pertama kali menyatakan bahwa Covid-19 merupakan ancaman kesehatan global lebih dari tiga tahun lalu, pada 30 Januari 2020. Status tersebut membantu memusatkan perhatian internasional pada ancaman kesehatan, serta memperkuat kolaborasi dalam vaksin dan pengobatan.

Meskipun tingkat kematian telah melambat dari puncaknya pada Januari 2021, yaitu lebih dari 100.000 orang per minggu, menjadi lebih dari 3.500 dalam seminggu hingga 24 April 2023 menurut data WHO, Covid-19 masih merupakan ancaman kesehatan global.

"Kami mengingatkan bahwa meskipun status darurat telah dicabut, ini bukan berarti Covid-19 telah berakhir sebagai ancaman kesehatan global," kata Ghebreyesus.

Tidak seperti pandemi sebelumnya, WHO tidak mengumumkan awal atau akhir pandemi Covid-19, meskipun istilah Covid-19 mulai digunakan pada Maret 2020.

Beberapa negara seperti AS telah mulai membongkar keadaan darurat domestiknya untuk Covid-19, yang berarti akan berhenti membayar untuk hal-hal seperti vaksin, meskipun tetap berusaha untuk memerangi penyebaran virus dan mengurangi angka kematian.

Share:
img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *