KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!

Get In Touch

Perkakas Zaman Manusia Purba Ditemukan Di Daerah Sumedang

KonotasiNews, Perkakas Zaman Manusia Purba Ditemukan Di Daerah Sumedang

Sebuah perkakas diduga peninggalan manusia zaman purba kembali ditemukan di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. Perkakas tersebut menyerupai alat pahat yang terbuat dari batu.

Kepala Bidang Kebudayaan dari Disparbudpora Sumedang Budi Akbar mengatakan, perkakas tersebut ditemukan oleh warga yang juga Satgas Kepurbakalaan dari Desa Jembarwangi beberapa hari lalu.

Yang menemukannya itu bernama Wawan di sebuah kebun," kata narasumber

Budi menjabarkan, lokasi penemuan perkakas tersebut tidak jauh dari penemuan fosil kura-kura pada tahun 2022 atau di perbatasan antara Desa Jembarwangi dan Darmawangi.

Benda diduga perkakas peninggalan manusia purba tersebut diketahui memiliki panjang sekitar 7 centimer dengan lebar 4 centimeter.

Menurut para ahli kata Budi, jika benda itu benar peninggalan manusia purba maka perkakas itu diperkirakan peninggalan pada zaman batu muda atau neolitikum.

"Melihat batu itu sudah dihaluskan maka hasil perbincangan dengan para ahli jauh-jauh hari sebelumnya, perkakas itu kemungkinan zaman neolitikum karena sudah ada sedikit unsur seni" ungkapnya.

Budi menerangkan perkakas itu saat ini masih dalam penelitian. Namun jika benar maka hal itu menjadi salah satu indikasi bahwa di Kawasan Desa Jembarwangi pernah ada kehidupan manusia purba.

"Jadi jika benar, diperkirakan, bahwa pernah ada kehidupan manusia purba di sana" ujarnya.

Budi menyebut sebelumnya pun sudah ada beberapa temuan benda yang menyerupai perkakas purba. Dengan adanya temuan baru ini maka semakin menambah khazanah untuk mengungkap sejarah kehidupan di sana.

"Dari dulu sudah ada yang ditemukan, seperti kini di masyarakat ada dua (perkakas), kemudian di Balai Arkeolog ada beberapa" jelasnya.

Sebelumnya, fosil hewan purba berupa kura-kura dan buaya berhasil ditemukan di Blok Leuwiumbar, Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang pada Juni 2022. Khusus fosil kura-kura sendiri ditemukan dalam kondisi utuh.

Tim gabungan dari Bidang Kebudayaan Sumedang, peneliti dari Balai Arkeologi BRIN Bandung, peneliti dari Badan Geologi dan Paleontologi Kementerian ESDM, dibantu warga saat itu langsung menyelematkan fosil tersebut dengan melakukan ekskavasi di lokasi temuan.

img
Author

Gokong

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *