Presiden Jokowi Resmikan Mobil Rantis Maung Generasi Terbaru dari PT Pindad

Date:

KontasiNews.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir dalam peresmian kendaraan operasional satuan (Ranops) TNI 4×4 WD terbaru dari PT Pindad pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahananan (Kemhan), Rabu, 18 Januari 2023.

Ini adalah kendaraan taktik atau mobil rantis Maung generasi ketiga yang merupakan kendaraan operasional satuan TNI untuk segala medan, termasuk off-road, yang diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat. Mobil rantis ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal dalam mendukung mobilitas.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa dalam keterangan resminya. Dirinya menjelaskan bahwa mobil rantis ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

“Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama yaitu KOMANDO untuk komandan, seri kedua yaitu JELAJAH untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta seri ketiga adalah TANGGUH untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata,” katanya, dikutip dari laman resmi PT Pindad.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa mobil rantis Maung versi ketiga ini memiliki berbagai kelebihan ketimbang dua generasi sebelumnya, salah satunya adalah kelincahan dalam bermanuver dan fungsionality multi-purpose. PT Pindad sendiri memastikan bahwa kendaraan operasional satuan tersebut memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 65 persen.

Nantinya, jumlah komponen dalam negeri itu akan terus ditingkatkan lagi. Ranops Maung generasi tiga ini memiliki 5 pintu yang mampu mengangkut empat orang. Mobil rantis baru tersebut menawarkan pilihan atap menggunakan Hard Top, Soft Top dan atap terbuka.

Bicara dapur pacunya, Maung dibekali mesin diesel 4 silinder turbocharged berkekuatan 136 hp. Mobil rantis ini bisa berakselerasi di kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Pada bagian suspensi depannya, mobil rantis Maung dikabarkan menggunakan independent coil spring. Sedangkan untku suspensi belakangnya memakai rigid/independent with shock absorber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Tingkatkan PMB, Akuntansi UNUSIA Melibatkan Mahasiswa Sosialisasi di Sekolah Masing-Masing

Brebes-Eksistensi Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia sangat berkembang terutama...

Daftar Artis Terseksi dan Hot di Indonesia

Ada sejumlah pesohor wanita masuk daftar artis terseksi di...

Beberkan Alasan Ibu Norma Risma Berhubungan Intim dengan Menantunya!!!

Ibu Norma Risma, Rihanah Anah membuat pernyataan tertulis terkait...

Artis Sexy Wulan Guritno Adegan Syurr!!

Wulan Guritno sebagai artis profesional di indonesia yang cukup...