KonotasiNews.

KonotasiNews.

Menyajikan Berita Berimbang. Menerapkan Kaidah-Kaidah Dan Kode Etik Jurnalistik. Mengedepankan Nilai-Nilai Nasionalisme Demi Persatuan Dan Kemajuan Republik Indonesia.

  • Zucchini Noodles: Menikmati Masakan Rumahan, Mie Sehat Tanpa Gluten
  • Scallops Goreng dengan Saus Vanilla ala Napa dan Sonoma
  • Ayam Oseng Bawang Krispi: Paduan Lezat Oseng Bawang dan Ayam Goreng Renyah
  • Ube Brulee: Dessert Eksklusif dengan Sentuhan Ubi Ungu
  • Jalangkote Makassar: Petualangan Kuliner di Tanah Sulawesi
  • Sushi Crepes: Dessert Unik yang Menyajikan Kelezatan Crepes dan Whipped Cream
  • Burrata Manis dan Pedas: Kelezatan Creamy dengan Sentuhan Jeruk dan Kuah Madu
  • Summer Fruit Salad: Camilan Sehat dan Segar!

Get In Touch

Presiden Jokowi Resmikan Mobil Rantis Maung Generasi Terbaru dari PT Pindad

KonotasiNews, Presiden Jokowi Resmikan Mobil Rantis Maung Generasi Terbaru dari PT Pindad

KontasiNews.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir dalam peresmian kendaraan operasional satuan (Ranops) TNI 4x4 WD terbaru dari PT Pindad pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahananan (Kemhan), Rabu, 18 Januari 2023.

Ini adalah kendaraan taktik atau mobil rantis Maung generasi ketiga yang merupakan kendaraan operasional satuan TNI untuk segala medan, termasuk off-road, yang diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat. Mobil rantis ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal dalam mendukung mobilitas.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa dalam keterangan resminya. Dirinya menjelaskan bahwa mobil rantis ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

"Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama yaitu KOMANDO untuk komandan, seri kedua yaitu JELAJAH untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta seri ketiga adalah TANGGUH untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata," katanya, dikutip dari laman resmi PT Pindad.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa mobil rantis Maung versi ketiga ini memiliki berbagai kelebihan ketimbang dua generasi sebelumnya, salah satunya adalah kelincahan dalam bermanuver dan fungsionality multi-purpose. PT Pindad sendiri memastikan bahwa kendaraan operasional satuan tersebut memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 65 persen.

Nantinya, jumlah komponen dalam negeri itu akan terus ditingkatkan lagi. Ranops Maung generasi tiga ini memiliki 5 pintu yang mampu mengangkut empat orang. Mobil rantis baru tersebut menawarkan pilihan atap menggunakan Hard Top, Soft Top dan atap terbuka.

Bicara dapur pacunya, Maung dibekali mesin diesel 4 silinder turbocharged berkekuatan 136 hp. Mobil rantis ini bisa berakselerasi di kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Pada bagian suspensi depannya, mobil rantis Maung dikabarkan menggunakan independent coil spring. Sedangkan untku suspensi belakangnya memakai rigid/independent with shock absorber.

img
Author

KonotasiNews

0 Comments

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *