AS Bangun Pangkalan Militer di Palau untuk Hadapi China

Date:

KonotasiNews.com – Pada tahun 2020, Palau meminta Amerika Serikat untuk membangun pangkalan militer di pulau itu demi menghentikan aktivitas China yang dituduh sebagai “aktivitas destabilisasi” di wilayah tersebut.

Proyek Tactical Mobile Over-the-Horizon Radar (TACMOR) Angkatan Udara AS yang sedang dikembangkan di pulau Palau menunjukkan tanda “kewaspadaan yang meningkat” oleh Washington di Pasifik.

Radar canggih tersebut akan membantu dalam memantau “aktivitas China” sesuai dengan laporan American Press yang mengutip dokumen anggaran Angkatan Udara FY2023.

Dinyatakan dalam dokumen tersebut bahwa “pengembangan, pengujian, evaluasi, dan akuisisi sistem dan komponen terkait akan memberi para prajurit perang kemampuan menutup celah dalam cakupan pengawasan di wilayah utama wilayah Pasifik yang diminati Amerika Serikat dan sekutu kita.”

Proyek senilai USD17 miliar ini menunjukkan bahwa Pentagon ingin memberikan “kehadiran militer AS yang gigih di Indo-Pasifik akhir-akhir ini.”

Palau sendiri sangat strategis karena merupakan salah satu wilayah yang dipersiapkan oleh AS untuk menghadapi potensi konflik tingkat tinggi di masa depan melawan pasukan China, serta mengatasi ancaman persenjataan rudal dari musuh seperti Korea Utara.

Pada September 2020, pemerintah Palau memberitahu Menteri Pertahanan AS saat itu, Mark Esper, bahwa negara kepulauan Pasifik itu sepenuhnya terbuka untuk pembangunan pangkalan militer Pentagon di pulau tersebut.

Palau, yang merupakan salah satu dari sedikit negara yang tidak memiliki angkatan bersenjata, memiliki perjanjian dengan AS yang mewajibkan Washington untuk mempertahankan pulau tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Tingkatkan PMB, Akuntansi UNUSIA Melibatkan Mahasiswa Sosialisasi di Sekolah Masing-Masing

Brebes-Eksistensi Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia sangat berkembang terutama...

Daftar Artis Terseksi dan Hot di Indonesia

Ada sejumlah pesohor wanita masuk daftar artis terseksi di...

Beberkan Alasan Ibu Norma Risma Berhubungan Intim dengan Menantunya!!!

Ibu Norma Risma, Rihanah Anah membuat pernyataan tertulis terkait...

Artis Sexy Wulan Guritno Adegan Syurr!!

Wulan Guritno sebagai artis profesional di indonesia yang cukup...