Skandal Pengambilan Data Facebook: Meta Platforms Setuju Membayar Denda Rp 11 Triliun

Date:

KonotasiNews.com – Meta Platforms, perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp, telah menyetujui untuk membayar $725 juta atau setara dengan 11 Triliun untuk menyelesaikan gugatan tuntutan kelas yang telah berlangsung lama yang diajukan pada tahun 2018.

Gugatan tersebut muncul setelah terungkap bahwa raksasa media sosial tersebut memungkinkan aplikasi pihak ketiga, seperti yang digunakan oleh Cambridge Analytica, untuk mengakses informasi pribadi pengguna tanpa persetujuan mereka untuk tujuan iklan politik.

Penyelesaian tersebut masih memerlukan persetujuan hakim federal di divisi San Francisco dari Pengadilan Distrik AS.

Walaupun Facebook telah mencoba untuk mengabaikan gugatan tersebut pada September 2019, gugatan tersebut muncul setelah skandal pengambilan data yang terungkap pada Maret 2018, dimana sebuah aplikasi kuis kepribadian bernama “thisisyourdigitallife” memungkinkan data pribadi pengguna dan teman-temannya di Facebook untuk dikumpulkan tanpa izin yang jelas.

Data tersebut kemudian diteruskan ke Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultasi politik Inggris, yang kemudian menggunakan informasi tersebut untuk tujuan profilisasi dan targeting pemilih sebelum pemilihan presiden AS 2016.

Setelah terjadi skandal ini, Meta juga dikenai denda sebesar $5 miliar oleh Federal Trade Commission AS (FTC) terkait praktik privasi yang merugikan pilihan pengguna untuk mengontrol privasi informasi pribadi mereka. Meta, yang tidak mengaku bersalah dalam hal praktik berbagi data yang bermasalah tersebut, telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi akses pihak ketiga ke informasi pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Tingkatkan PMB, Akuntansi UNUSIA Melibatkan Mahasiswa Sosialisasi di Sekolah Masing-Masing

Brebes-Eksistensi Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia sangat berkembang terutama...

Daftar Artis Terseksi dan Hot di Indonesia

Ada sejumlah pesohor wanita masuk daftar artis terseksi di...

Beberkan Alasan Ibu Norma Risma Berhubungan Intim dengan Menantunya!!!

Ibu Norma Risma, Rihanah Anah membuat pernyataan tertulis terkait...

Artis Sexy Wulan Guritno Adegan Syurr!!

Wulan Guritno sebagai artis profesional di indonesia yang cukup...