Iron Man Turun Tangan Selamatkan Korban Kecelakaan Cibubur

Date:

KonotasiNews.com, Jakarta – Sungguh tragis kejadian kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Transyogi, Cibubur, Kota Bekasi. Bagaimana tidak? saat darurat dan butuh tindakan cepat masih banyak orang yang lebih memilih merekam ketimbang ikut menolong.

Namun berbeda dengan sosok ‘Iron Man’ alias Kurwanto (21). Saat it dia sedang menjadi badut Iron Man di Jalan Transyogi, Cibubur, Kota Bekasi. Kurwanto menceritakan momen saat dia menyelamatkan korban bernama Firas.

Kurwanto mengatakan, saat kejadian, dia tengah mengamen di pertigaan CBD di TKP. Saat itu kondisi situasi lalu lintas tengah normal dengan kendaraan terhenti karena lampu merah.

Namun tiba-tiba, terlihat truk Pertamina yang melaju di sana. Alih-alih berhenti karena lampu merah, truk tersebut justru melaju dan menabrak beberapa kendaraan yang berada di depannya.

“Kan saya lagi maen di sini, lagi main robot di sini. Di sini kan macet, udah habis tuh macet, otomatis lampu merah mandet di sini. Ada mobil dari sono di arah tengah (arah mobil Pertamina), iya mobil Pertamina, bablas terus, ada mobil merah, tabrak. Dor, tabrak,” kata Kurwanto saat ditemui wartawan di lokasi, Rabu (20/7/2022).

Setelah itu, truk tersebut kemudian banting setir ke arah kiri dan menabrak beberapa pengendara motor yang juga tengah berhenti di sana.

“Guling sini, banting kiri dia si sopir pertamanan baru ngehantam motor motor,” ujarnya.

Sesaat setelah kejadian tersebut, Kurwanto lantas melihat Firas Firdaus yang tengah terjepit truk Pertamina bersama motornya. Sontak dia pun langsung berlari untuk menolong korban.

“Langsung lari saya ke sini, lari nolongin yang selamat yang kaki kejepit pake motor. Soalnya nggak ada yang nolongin, pada sibuk rekamin,” kata dia.

Kurwanto menyebut beberapa orang di TKP tidak langsung menolong korban kecelakaan Cibubur, tetapi justru merekam kejadian tersebut. Dia pun berteriak memarahi orang yang merekam dan meminta mereka menolong Firas. Setelah itu, seorang warga lain datang dengan membawa linggis untuk membantu mengeluarkan Firas yang terjepit.

“Langsung saya lari ke sana, terus saya marahin, ‘woy bantuin, ini orangnya masih hidup’. Langsung ada orang bawa linggis dari sini buat bantuin,” tuturnya.

“Namanya juga manusia, siapa sih yang lihat saudara kita sengsara terus ditontonin doang, nggak tega. Langsung aja saya angkat. Dalam hati saya, ya Allah kenapa sih Indonesia gini banget, ada orang kecelakaan ngambilnya HP, bukannya langsung nolongin,” jelasnya.

Awalnya dia mengira korban hanya satu orang. Namun ketika dilihat ke belakang, betapa kagetnya dia melihat banyak korban bersimbah darah yang bergelimpangan di jalan.

Saat kejadian, Kurwanto juga sempat mendatangi sopir truk Pertamina yang saat itu tengah panik dan menangis. Dia bertanya kepada sopir sekaligus mencoba menenangkan dia.

Kurwanto menyebut si sopir berulang kali mengatakan menyesal membawa kendaraan tersebut. Bahkan sang sopir juga sempat bertanya kepada dia berapa korban yang diakibatkan kecelakaan tersebut.

“Habis itu saya samperin itu sopirnya, saya tanya ‘orang mana’, orang Cirebon, katanya. Kata dia, dia bilang, ‘ya Allah kenapa saya bawa mobil ini kenapa saya bawa mobil ini’ sambil nangis dia. Dia tanya berapa korban yang meninggal, kata saya, ‘sudah tenang dulu’. Karena dia takut, kan banyak massa,” jelasnya.

Tak lama setelah itu, beberapa petugas pun, dari TNI hingga kepolisian, tiba di lokasi untuk mengamankan TKP kecelakaan maut yang memakan 10 korban jiwa tersebut.

Korban yang ditolong Kurwanto adalah Firas Firdaus (28). Firas sempat terseret hampir 100 meter oleh truk Pertamina. Setelah terseret, posisi dia tertindih motor yang terjepit bumper depan truk tangki Pertamina. Tak bisa bangun karena kaki kanan terjepit motor, ia pun akhirnya berteriak meminta tolong.

Setelah berteriak minta tolong, Firas didatangi seorang pria. Menurutnya, pria itu langsung meminta pertolongan warga lain untuk membantu menarik tubuh Firas yang terjepit.

“Jadi sebetulnya agak lama, satu menit nggak ada yang berani nolongin. Tiba-tiba yang suka (jadi) badut Iron Man itu, tapi dia lagi nggak pake kostumnya. Dia teriak ‘tolong bapak-bapak ini masih bisa kok, kakinya nggak berdarah’, mungkin yang lainnya takut saya udah pendarahan, ini kan saya belum lecet berdarah. Saya teriak karena saya masih bisa ini… kalau kelamaan kan saya bisa patah tulang,” ucap Firas, Selasa (19/7/2022).

Kemudian Firas dievakuasi ke pos satpam dekat lokasi kecelakaan. Ia juga ditenangkan oleh sosok pria yang bekerja sebagai badut di lampu merah dekat lokasi kecelakaan tersebut.

“Setelah saya nenangin diri, minum, saya tanya, ‘Mas itu siapa?’; ‘Saya yang biasa ini suka badut-badut Iron Man’, makanya istri saya cerita Aa Iron Man. Jadi dia yang gerakin warga di situ, ‘ayo tolongin bapak ini’. Si Mas Iron Man itu nenangin saya, ‘Mas minum dulu’, dikasih Betadine dulu,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Senator AS Desak Pentagon Kirim Drone Canggih Ke Ukraina

KonotasiNews.com - Koalisi partai yang terdiri dari 16 senator...

Umumkan Pencalonan Presiden, Donald Trump Dihadapkan Kasus Penipuan

KonotasiNews.com - Setelah mengumumkan dirinya sebagai calon presiden, Donald...

Jokowi: Putin & Zelensky Akan Hadir Di G20, Tergantung Situasi

KonotasiNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Presiden Rusia...

Nafa Urbach Khawatir Orang Berimajinasi Buruk Melihat Perempuan Berkebaya Merah

KonotasiNews.com - Nafa Urbach terlihat berpendapat soal kasus video...