Olahan Daging Sapi Khas Jateng Patut Dicoba

Date:

KonotasiNews.com – Aneka kuliner lezat olahan daging sapi dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) menjadi menu yang dapat dicoba. Tak hanya sebatas olahan sate dan soto saja, tapi juga ada beberapa aneka olahan daging lezat khas Jateng lainnya yang memiliki cita rasa yang lezat.

Dari banyaknya aneka olahan daging lezat khas Jawa Tengah, berikut lima kuliner daging sapi populer di Jateng.

1. Singit Khas Jepara

Kuliner singit berasal dari kota Jepara, Jawa Tengah. Singit ini sekilas mirip dengan semur karena memiliki warna cokelat kehitaman.

Namun kuliner ini jelas berbeda dari semur karena di dalamnya terdapat campuran santan. Singit dibuat dari irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah dan santan, lalu ditambahkan kecap manis di dalamnya.

Singit memiliki cita rasa perpaduan antara rasa gurih asin dan manis, sehingga cocok disantap dengan nasi putih hangat.

2. Nasi Gandul Khas Pati

Nasi gandul khas Pati dengan mudah dijumpai, dijajakan oleh pedagang kaki lima hingga rumah makan yang ada di sepanjang jalan di Pati. Nasi gandul dibuat dari nasi yang disajikan dengan irisan daging sapi serta kuah khasnya.

Daging tersebut dimasak dengan berbagai macam jenis rempah khas Indonesia. Ada belasan jenis rempah di dalamnya sehingga cita rasanya sangat unik dengan aroma wangi yang menggoda.

3. Tauto Khas Pekalongan

Nama kuliner tauto memang tidak seterkenal beberapa olahan daging lezat khas Jawa Tengah lainnya. Tapi tauto asal Pekalongan ini punya cita rasa yang unik karena merupakan perpaduan dari kuliner China dan India.

Cara pembuatan tauto khas Pekalongan juga tak rumit, daging sapi yang sudah dipotong-potong dimasak dengan aneka rempah-rempah serta bumbu tauto. Untuk penyajiannya, biasanya tauto ini disajikan bersama dengan bihun dan irisan daun bawang seledri.

Tekstur kuahnya sangat kental dengan cita rasa gurih dan sangat berempah.

4. Sup Balungan Khas Demak

Sup balungan menjadi salah satu aneka olahan daging lezat khas Jawa Tengah, tepatnya dari Demak. Sesuai dengan namanya, kuIiner ini adalah sup yang di di dalamnya terdapat balungan atau tulang sapi.

Tentu saja dalam balungan tersebut juga ada daging sapi di dalamnya. Di dalam sup balungan biasanya akan ada tambahan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan daun bawang seledri.

Cita rasa sup balungan ini sangat gurih dengan sensasi segar sehingga cocok disantap bersama nasi.

5. Sayur Becek Khas Purwodadi

Sayur becek dari dari Grobogan, Purwodadi menjadi olahan daging khas Jawa Tengah selanjutnya. Mendengar namanya orang mengira sayur becek ini adalah sayur bening yang dibuat dari sayur-sayuran.

Padahal aslinya kuliner ini tidak menggunakan sayuran sama sekali, melainkan menggunakan bahan utama daging sapi atau kerbau yang masih bertulang. Daging bertulang tersebut lalu dimasak bersama dengan air dan rempah-rempah selama berjam-jam hingga daging melunak dan bumbunya meresap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Senator AS Desak Pentagon Kirim Drone Canggih Ke Ukraina

KonotasiNews.com - Koalisi partai yang terdiri dari 16 senator...

Umumkan Pencalonan Presiden, Donald Trump Dihadapkan Kasus Penipuan

KonotasiNews.com - Setelah mengumumkan dirinya sebagai calon presiden, Donald...

Jokowi: Putin & Zelensky Akan Hadir Di G20, Tergantung Situasi

KonotasiNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Presiden Rusia...

Nafa Urbach Khawatir Orang Berimajinasi Buruk Melihat Perempuan Berkebaya Merah

KonotasiNews.com - Nafa Urbach terlihat berpendapat soal kasus video...