Jadilah Netizen Cerdas yang Beretika

Date:

KonotasiNews.com – Netizen yang beretika merupakan netizen yang menggunakan internet dengan baik sesuai dengan norma dan peraturan yang berlaku, tidak menyeleweng atau melanggar hingga merugikan orang lain.

Dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Netizen Keren yang Sadar Netiket”, Putri Ajeng Wulan Julitasari selaku Puteri Kebudayan Indonesia 2019 dan Influencer mengatakan, bahwa netizen harus paham akan etika dalam penggunaan internet.

“Pengguna internet atau yang sering disebut dengan netizen harus menyadari akan etika yang harus dilakukan dalam menggunakan digital atau bersosial media. Agar nantinya tindakan yang dilakukan dalam menggunakan internet atau media sosial tidak merugikan dirinya sendiri apalagi orang lain”.

Dalam kesempatan yang sama Putri Ajeng juga menambahkan beberapa cara untuk menjadi netizen yang sadar etika.

“Untuk menjadi netizen yang cerdas dan sadar akan etika kita harus menjadi netizen yang positif, berpikir sebelum memposting, melindungi data pribadi, menghormati pendapat orang lain, dan mempunyai value untuk diri sendiri, agar nantinya selain cerdas kita juga aman dan sehat menggunakan digital”. Ucapnya.

Komisi I DPR RI, A. Rizki Sadig mengatakan bahwa selain kita paham akan penggunaan digital, kita juga harus bijak dalam menggunakannya.

“Gunakanlah kesempatan perkembangan digital ini untuk berbagai kebutuhan kehidupan. Namun tidak hanya menguasai penggunaan atau pemakaian digital nya saja, namun menguasai aturan pendukung, norma, dan etika yang berlaku. Jangan sampai jejak digital yang kita miliki terkotori akibat ulah tangan sendiri”. Ucapnya. (7/7/2022).

Kemudian, Dimas Prakoso Akbar selaku pegiat media sosial menjelaskan bahwa ketika tidak sependapat dengan orang lain kita perlu menghargai dan memahaminya.

“Karena hal tersebut merupakan etika yang perlu kita miliki. Jika memang pendapat tersebut salah, sanggahlah dengan baik jangan sampai menghujat dan menyalahkan orang tersebut”. Ucapnya.

Sumber: Jadilah Netizen Cerdas yang Beretika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Senator AS Desak Pentagon Kirim Drone Canggih Ke Ukraina

KonotasiNews.com - Koalisi partai yang terdiri dari 16 senator...

Umumkan Pencalonan Presiden, Donald Trump Dihadapkan Kasus Penipuan

KonotasiNews.com - Setelah mengumumkan dirinya sebagai calon presiden, Donald...

Jokowi: Putin & Zelensky Akan Hadir Di G20, Tergantung Situasi

KonotasiNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Presiden Rusia...

Nafa Urbach Khawatir Orang Berimajinasi Buruk Melihat Perempuan Berkebaya Merah

KonotasiNews.com - Nafa Urbach terlihat berpendapat soal kasus video...