Bupati Tangerang Persoalkan Pernyataan Anies Baswedan

Date:

KonotasiNews.com, Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mempersoalkan, pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hal itu terkait penyebab polusi udara akibat aktifitas industri di daerah penyangga.

Dia mengatakan, harus ada kajian untuk dapat mengetahui penyebab buruknya indeks kualitas udara. Alhasil bisa tahu indikator meningkatnya polusi udara disebabkan oleh aktivitas transportasi atau industri.

“Sebenarnya polusi udara tuh ini perlu ada kajian lagi yah. Ini indikatornya dari transportasi atau dari daerah industri,” kata Zaki kepada wartawan, Kamis 23 Juni 2022.

Jika memang daerah penyangga seperti Kabupaten Tangerang disebut sebagai sumber polusi udara di DKI Jakarta.

Zaki pun mengajak Gubernur Anies Baswedan untuk duduk bersama, guna menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kalo disebut daerah penyangga, mari kita duduk bersama, kita pecahkan,” ucapnya

Mesin Indikator Polusi Udara Tak Akurat

Dirinya juga mengatakan bahwa mesin-mesin indikator polusi udara di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya perlu dipertanyakan keakuratannya.

Apakah mesin-mesin indikator yang sudah terpasang tersebut dipelihara dengan baik supaya hasil pengukuran indeks kualitas udaranya bisa dipercaya.

Menurutnya dari aplikasi indikator polusi udara yang terpasang di ponselnya sumber polusi udara bukan hanya karena kegiatan industri tetapi juga karena aktivitas transportasi.

“Terutama di waktu pagi hari dan sore hari, ketika kendaraan bermotor berlalu lalang di jalanan. Dalam kondisi macet biasanya di titik-titik macet akan terjadi peningkatan polusi udara yang signifikan,” tuturnya

Untuk memperbaiki kualitas udara di wilayahnya, Zaki mengatakan, pihaknya akan membangun ruang terbuka hijau (RTH) di tempat-tempat atau fasilitas masyarakat yang memang perlu ada penghijauan.

“Tapi memang kita juga perlu tahu dulu ini indikatornya dari mana. Supaya pemerintah daerah sebagai pengambil kebijakan tahu sumber polusi udara ini dari mana, apakah karena aktivitas transportasi atau dari industri,” pungkasnya.

Masyarakat Protes Terkait Kualitas Udara Jakarta

Dilain hal, Koalisi Perjuangan Warga Jakarta atau Kopaja mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mereka menuntut untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta, yang akhir-akhir ini berstatus terburuk di dunia.

Masalah krusial yang mengancam kesehatan warga ini harus diselesaikan Anies.

Kopaja mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan langkah konkret perbaikan kualitas udara.

Mulai dari penganggaran dan penambahan stasiun pemantauan kualitas udara, melakukan pengawasan terukur, penegakan hukum dan transparansi terhadap ketaatan setiap orang terhadap aturan pengendalian pencemaran udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Senator AS Desak Pentagon Kirim Drone Canggih Ke Ukraina

KonotasiNews.com - Koalisi partai yang terdiri dari 16 senator...

Umumkan Pencalonan Presiden, Donald Trump Dihadapkan Kasus Penipuan

KonotasiNews.com - Setelah mengumumkan dirinya sebagai calon presiden, Donald...

Jokowi: Putin & Zelensky Akan Hadir Di G20, Tergantung Situasi

KonotasiNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Presiden Rusia...

Nafa Urbach Khawatir Orang Berimajinasi Buruk Melihat Perempuan Berkebaya Merah

KonotasiNews.com - Nafa Urbach terlihat berpendapat soal kasus video...